top of page
Search
Writer's pictureLoreLinduBR

Peresmian Sekretariat Forum dan Pembahasan Prosedur Penggunaan Logo Cagar Biosfer

Lore Lindu BR (25/06/2020) Gelar pertemuan  untuk peresmian  operasionalisasi sekretariat Forum Koordinasi dan Komunikasi Pengelolaan Cagar Biosfer Lore Lindu (FKKPCBLL) , sekaligus membahas prosedur dan kriteria indikator penggunaan logo cagar biosfer sebagai branding produk. Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (BAPPEDA) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), selaku Ketua FKKPCBLL, telah mengundang sejumlah anggota forum dan pimpinan, pertemuan di Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL), Sekretariat Forum di Jalan Prof. Muhammad Yamin No. 53 Kota Palu Sulawesi Tengah.  Pertemuan ini dilaksanakan pada 25 Juni 2020 dengan penerapan Protokol Kesehatan COVID-19. Adapun anggota forum yang diundang pada pertemuan  ini adalah Dinas Kehutanan Sulteng, Dinas Lingkungan Hidup Sulteng, Dinas Pariwisata Sulteng, Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng, Dinas Kesehatan Sulteng, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Dinas Pangan Sulteng, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) dan GIZ FORCLIME.

Pertemuan diawali dengan sambutan selamat datang dari Bapak Ir. Jusman, selaku Kepala BBTNLL dan Sekretaris FKKPCBLL, yang mengharapkan dengan operasionalisasi sekretariat Forum akan meningkatkan silaturahim, koordinasi dan komunikasi antara anggota forum sehingga dapat menjadikan cagar biosfer sebagai wadah promosi produk berkualitas dan berstadar lingkungan dalam Jaringan Cagar Biosfer Dunia (The World Network of Biosphere Reserve) yang memiliki anggota 124 negara dan mempunyai jadwal pertemuan rutin setiap tahun.


Sambutan berikutnya oleh Kepala BAPPEDA Provinsi Sulawesi Tengah selaku Ketua Forum FKKPCBLL, yang kali ini diwakili Ir. Kaharuddin, MM - Kapala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah - yang menekankan lagi bahwa cagar biosfer merupakan laboratorium hidup untuk pembangunan berkelanjutan – untuk mempromosikan dan mendemonstrasikan hubungan seimbang antara manusia dan alam dalam kehidupannya. Sehingga cagar biosfer merupakan kawasan untuk bekerjasama, berkoordinasi dan bertukar pengalaman untuk pengembangan ekonomi berkelanjutan, sekaligus untuk melakukan integrasi pengelolaan landsekap melalui pendekatan bioregion untuk pengembangan ekonomi berkelanjutan.


‘’Lanjutnya’’, untuk mendapatkan manfaat dari status internasional tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik yang saling menguatkan, bersinergi antar para pihak, utamanya para pihak yang berada di daerah – provinsi, kabupaten, kota, balai taman nasional dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) – dan bukan bersaing untuk saling mengalahkan.  Oleh karena itu, kita harus membangun dan menguatkan visi bersama menjadikan Cagar Biosfer Lore Lindu (CBLL) sebagai kawasan tempat kita mendemonstrasikan praktek-praktek terbaik pembangunan berkelanjutan yang berkontribusi besar kepada pencapaian SDGs Provinsi Sulawesi Tengah. Sebagaimana amanah Surat Keputusan Gubernur No. 522.51 / 285 / BAPPEDA-G.ST / 2018, Tanggal 24 Juni 2018 tentang Forum Koordinasi dan Komuniukasi Pengelolaan Cagar Biosfer Lore Lindu.


Lebih lanjut, Ismet Khaeruddin – Koordinator GIZ FORCLIME Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa zonasi cagar biosfer penting untuk bantu mengarahkan para pihak dalam bekerja sama berkoordinasi dalam pengelolaan cagar biosfer guna mencapai tujuan bersama pembangunan berkelanjutan dan memanfaatkan status internasional sebagai cagar biosfer melalui pengembangan komoditi unggulan provinsi berbasisi cagar biosfer.

Mengakhiri pertemuan forum dibuat kesepakatan para stakeholder dan rencana tindak lanjut diantaranya:


  1. Forum Cagar Biosfer Lore Lindu merupakan Lembaga yang mengintegrasikan program-program pembangunan berkelanjutan pada setiap stakeholder,

  2. Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor: 525.51/285/BAPPEDA-G.ST/2018 Sekretariat Forum Cagar Biosfer Lore Lindu Berkedudukan di Kantor Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu Jalan Prof. Mohammad Yamin No. 53 Palu Sulawesi Tengah,

  3. Penggunaan logo Cagar Biosfer Lore Lindu (CBLL) dilakukan melalui proses pendaftaran dan verifikasi dengan memperhatikan asal usul, kesehatan, kehalalan, lingkungan dan keberlanjutannya,

  4. Produk-produk yang diberikan register logo Cagar Biosfer Lore Lindu diharapkan menjadi unggulan dan berasal dari kawasan Cagar Biosfer Lore Lindu,

  5. (Dalam kondisi Pendemi COVID-19, jika dibutuhkan) Akan dilakukan pertemuan lebih lanjut secara terbatas atas virtual.

Sekretariat Forum akan menyurati para pihak yang telah menggunakan logo CBLL pada kemasan produknya untuk registrasi dan verifikasi.

44 views0 comments

Comments


bottom of page