top of page
Search
Imam Wahyudi

Non-cocoa Seedling dukungan SASCI+ untuk Model kebun Agroforestry diserahkan Wakil Bupati Sigi

Updated: Jun 16, 2023


Bertempat di Desa Oo Parese, pada tanggal 23 Desember 2022 Wakil Bupati Sigi DR. Samuel Yansen Pongi, SE, M.Si menyerahkan secara simbolis bibit non kakao dukungan dari project SASCI+ GIZ bekerjasama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi dan Olam Food Ingredients (OFI). Bibit non kakao dengan jumlah total 24000 terdiri atas 6000 polybag Durian MK Hortimart, 6000 polybag Durian Kani, 6000 polybag alpukat Hijau Panjang dan 6000 polybag bibit pohon Nantu. DR Ismet Khaeruddin selaku Provincial Coordinator GIZ Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa 24000 bibit ini akan dibagikan kepada 1500 petani yang berada di 3 Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan dan Pipikoro yang terdaftar pada kegiatan pendampingan Olam Food Ingredients (OFI). Kegiatan pembagian bibit non kakao ini bertujuan untuk mendukung pengembangan kebun kakao model agroforestry. Dengan adanya pengembangan model kebun agroforestry ini diharapkan kedepan ada alternatif pendapatan petani dari kebun selain komoditi kakao.

Mewakili pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Wakil Bupati menyampaikan terima kasih atas peran serta GIZ dan OFI melalui SASCI+ Project telah memberikan bantuan untuk masyarakat dalam bentuk pendampingan. Diharapkan kedepan akan terjalin kerja yang kolaboratif dan simultan dari berbagai pihak sehingga upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai dengan baik serta berkelanjutan. Pemerintah Kabupaten Sigi juga adakan mendorong kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang digagas oleh elemen swasta sehingga visi Kabupaten Sigi menjadi Kabupaten Berdaya Saing berbasis Agribisnis dapat terealisasi dengan lebih cepat. Senada dengan Wakil Bupati, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi Dody Nurhidayat, SP menyampaikan bahwa wilayah Kulawi Raya yang terdiri dari 3 kecamatan (Kulawi, Kulawi Selatan dan Pipikoro) akan menjadi sentra pengembangan komoditi buah durian.

Selain Wakil Bupati Sigi, hadir dan turut serta dalam kegiatan acara penyerahan bibit non-cocoa yaitu Asisten II Pemerintah Kabupaten Sigi, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Camat Kulawi, Camat Kulawi Selatan, BPP Kulawi, BPP Kulawi Selatan dan BPP Pipikoro, GIZ Sulawesi Tengah, Team OFI Kabupaten Sigi dan Pemerintah Desa Oo Parese.

7 views0 comments

Comments


bottom of page